Langsung ke konten utama

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Islam masuk ke indonesia lengkap dengan budayanya. karena islam berasal dari jazirah arab, maka islam masuk ke indonesia tidak terlepas dari budayanya arab. Kedatangan islam dengan segala komponen budayanya secara damaik lebih menarik simpati sebagian besar masyarakat indonesia.
Sejarah awal perkembangannya, islam di indonesia telah menerima akomodasi budaya. Karena islam sebagai agama memang banyak memberikan norma-norma aturan tentang kehidupan dibandingkan dengan agama-agama lain. Bila dilihat kaitan islam dengan budaya, paling tidak ada dua hal yang perlu diperjelas islam sebagai konsepsi sosial budaya, dan islam sebagai realitas budaya.

Namun, islam juga menganut nilai-nilai yang lain yaitu nilai illahi dan nilai akhlak.
Maka dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan islam adalah suatu konsep pendidikan yang dibangun berdasarkan ajaran agama islam yang dimana sebagai landasan etika dan moral anak didik dalam pendidikan agama islam. Karena nilai yang terpenting adalah nilai akhlak. Nilai akhlak adalah nilai yang sangat penting dalam proses KBM dalam membentuk moral didik. Dan juga nilai akhlak dapat diterapkan ketika kita mengajarkan diruangan, maka kita dapat mempratikannya langsung di ruangan tersebut.

Akhlak Karimah yaitu budi pekerti yang baik. Nabi Muhammad SAW sudah mengukur kesempurnaan iman seseorang dengan orang yang berbudi pakerti yang baik untuk memberikan gambaran tentang akhlak karimah. Disini saya akam membahas akhlak berpakaian.

Pakaian sebagai kebutuhan dasar bagi setiap orang dalam berbagai zaman dan keadaan. Islam juga sudah mengajarkan kepada kita semua bagaimana tata cara berpakaian.berpakaian menurut islam tidak hanya sebagai kebutuhan dasar, tetapi berpakaian sebagai ibadah untuk mendapatkan ridho Allah. Oleh karena itu setiap muslim wajib berpakaian sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan Allah. Maka dari itu berpakaian juga ada tujuannya yaitu menutup dan melindungi sebagian aurat kita, dan sesuai ajaran agama islam dan untuk mendapatkan ridho Allah. Berpakaian dalam pengertian untuk menutup aurat, dalam syariat islam mempunyai ketentuan yang jelas, baik ukuran aurat yang harus ditutup ataupun jenis pakaian yang digunakan untuk menutupnya. Berpakaian yang menutup aurat juga menjadi bagian integral dalam menjalankan ibadah, terutama ibadah shalat ataupun haji dan umrah. Karena itu, setiap muslim muslimat memiliki kewajiban untuk berpakaian yang menutup aurat.

Nilai keindahan dan kekhasan berpakaian menjadi tuntutan yang terus dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam kaitannya pakaian juga termasuk perhiasan, maka setiap manusia mempunyai kebebasan untuk berpakaian, tapi juga harus sesuai syariat agama islam. Pakaian yang berfungsi menutup aurat wanita itu dinamakan jilbab, dalam bahasa sehari-hari jilbab menyangkut segala macam jenis selendang atau kerudung yang menutupi kepala kecuali muka. Karena itu, hanya telapak tangan dan muka yang boleh diperhatikan kepada umum, Selain itu haram diperlihatkan kecuali kepada mahram atau suaminya. Nilai positif akhlak berpakaian yaitu, setiap musli diwajibkan untuk berpakaian, yang tidak hanya berfungsi sebagai menutup aurat dan hiasan, akan tetapi juga dapat melindungi lapisan terluar dari tubuh kita. Agama islam mengajarkan kepada pemeluknya agar berpakaian yang baik, indah dan bagus, sesuai dengan kemampuan masing-masing. Karena berpakaian juga dapat memenuhu hajat tujuan berpakaian, yaitu menutup aurat dan keindahan, sehingga apabila kita hendak menjalankan shalat setidaknya pakaian yang kita pakai itu adalah yang baik dan bersih bukan berarti mewah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kekerasan psikis

Kekerasan Psikis Kekerasan, tidak melulu hanya kekerasan fisik semata. Banyak kasus khususnya kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), di mana pelaku tidak pernah melakukan pemukulan dan kekerasan fisik lain, namun akibat dari perbuatan pelaku, korban mengalami penderitaan yang berat. Kekerasan psikologis, atau dalam pasal 7 Undang-undang No 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga disebut sebagai kekerasan psikis adalah perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan/atau penderitaan psikis berat pada seseorang. Sebagai contoh, kasus yang dialami ibu A yang merasa suaminya selalu mendiamkannya, dan bila berkata-kata merendahkan ibu A. Suami tidak mau menyapa apalagi menyentuhnya, sampai akhirnya ibu A membakar diri. Suami ibu A tidak pernah melakukan kekerasan fisik. Namun tindakan suami dengan selalu mendiamkan membuat ibu A tidak percaya diri. Ibu A juga semakin mera

TIPS SAAT SALAH PILIH JURUSAN

  MASUK  JURUSAN KULIAH YANG TIDAK COCOK A.   PEMBAHASAN Menentukan jurusan kuliah termasuk salah satu keputusan besar dalam kehidupan seseorang. Pasalnya, keputusan tersebut biasanya besar lengan berkuasa besar bagi perjalanan karier dan masa depan seseorang. Mempelajari sesuatu yang tidak sesuai minat, talenta dan kemampuan, merupakan pekerjaan yang sangat tidak menyenangkan, apalagi kalau itu bukan kemauan / pilihan anak, tapi desakan orang tua.   Belajar   karena terpaksa itu akan sulit dicerna otak alasannya sudah ada blocking   emosi . Kesal, marah, sebal, sedih, itu semua sudah memblokir efektivitas kerja otak dan menghambat motivasi.   Memilih jurusan kuliah   sesuai dengan saran sahabat atau trend, padahal tidak sesuai dengan minat diri juga punya dampak psikologis, yakni menurunnya daya tahan terhadap tekanan, konsentrasi dan menurunnya daya juang. Apalagi kalau pelajaran kian sulit, masalah semakin bertambah, bisa menjadikan kuliah terancam terhen