Langsung ke konten utama

Pengembangan kurikulum

Istilah pengembangan kurikulum adalah merupakan salah satu istilah yang memiliki makna yang beragam. Dilihat dari sisi etimologi, istilah pengembangan kurikulum sering dirujuk dari istilah development curriculum. Menurut Zais adalah development curriculum adalah a process that determines how curriculum construction will proceed (sebuah proses yang menentukan bagaimana konstruksi kurikulum akan selesai).
Dalam konteks ini istilah pengembangan kurikulum tidak lain adalah meruapakan suatau upaya rekonstruksi ulang kurikulum yang ada, baik kurikulum iptek maupun imtaq. Menurut Hasan mengemukakan bahwa aspek-aspek yang menjadi lingkup kajian dan pengembangannya adalah meliputi pengembangan ide atau kosepsi, pengembangan rencana tertulis, pengembangan rencana implementasi kurikulum, dan pengembangan evaluasi hasil implementasi (hasil pembelajaran).
Menurut Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahu 2003, pasal 36 ayat (1), yang menyatakan bahwa “pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan dan dilakukan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik”
Pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam (PAI) dapat diartiakn sebagai: (1) kegiatan menghasilkan kurikulum PAI (2) proses yang mengaitkan satu komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum PAI yang lebih baik, dan (3) kegiatan penyusunan (desain), pelaksanaa, penilain, dan penyempurnaan kurikulum PAI(muhaimin;2010).
Dari pengertian diatas penulis menyimpulkan pengembangan kurikulum PAI ialah suatu proses evaluasi kurikulum yang mana untuk memunculkan, memperbaiki ataupun menyempurnakan kurikulum untuk mendapatkan system pendidikan lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Islam masuk ke indonesia lengkap dengan budayanya. karena islam berasal dari jazirah arab, maka islam masuk ke indonesia tidak terlepas dari budayanya arab. Kedatangan islam dengan segala komponen budayanya secara damaik lebih menarik simpati sebagian besar masyarakat indonesia. Sejarah awal perkembangannya, islam di indonesia telah menerima akomodasi budaya. Karena islam sebagai agama memang banyak memberikan norma-norma aturan tentang kehidupan dibandingkan dengan agama-agama lain. Bila dilihat kaitan islam dengan budaya, paling tidak ada dua hal yang perlu diperjelas islam sebagai konsepsi sosial budaya, dan islam sebagai realitas budaya. Namun, islam juga menganut nilai-nilai yang lain yaitu nilai illahi dan nilai akhlak. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan islam adalah suatu konsep pendidikan yang dibangun berdasarkan ajaran agama islam yang dimana sebagai landasan etika dan moral anak didik dalam pendidikan agama islam. Karena nilai yang terpenting adalah nilai akh

Kekerasan psikis

Kekerasan Psikis Kekerasan, tidak melulu hanya kekerasan fisik semata. Banyak kasus khususnya kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), di mana pelaku tidak pernah melakukan pemukulan dan kekerasan fisik lain, namun akibat dari perbuatan pelaku, korban mengalami penderitaan yang berat. Kekerasan psikologis, atau dalam pasal 7 Undang-undang No 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga disebut sebagai kekerasan psikis adalah perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan/atau penderitaan psikis berat pada seseorang. Sebagai contoh, kasus yang dialami ibu A yang merasa suaminya selalu mendiamkannya, dan bila berkata-kata merendahkan ibu A. Suami tidak mau menyapa apalagi menyentuhnya, sampai akhirnya ibu A membakar diri. Suami ibu A tidak pernah melakukan kekerasan fisik. Namun tindakan suami dengan selalu mendiamkan membuat ibu A tidak percaya diri. Ibu A juga semakin mera

TIPS SAAT SALAH PILIH JURUSAN

  MASUK  JURUSAN KULIAH YANG TIDAK COCOK A.   PEMBAHASAN Menentukan jurusan kuliah termasuk salah satu keputusan besar dalam kehidupan seseorang. Pasalnya, keputusan tersebut biasanya besar lengan berkuasa besar bagi perjalanan karier dan masa depan seseorang. Mempelajari sesuatu yang tidak sesuai minat, talenta dan kemampuan, merupakan pekerjaan yang sangat tidak menyenangkan, apalagi kalau itu bukan kemauan / pilihan anak, tapi desakan orang tua.   Belajar   karena terpaksa itu akan sulit dicerna otak alasannya sudah ada blocking   emosi . Kesal, marah, sebal, sedih, itu semua sudah memblokir efektivitas kerja otak dan menghambat motivasi.   Memilih jurusan kuliah   sesuai dengan saran sahabat atau trend, padahal tidak sesuai dengan minat diri juga punya dampak psikologis, yakni menurunnya daya tahan terhadap tekanan, konsentrasi dan menurunnya daya juang. Apalagi kalau pelajaran kian sulit, masalah semakin bertambah, bisa menjadikan kuliah terancam terhen